Jumat, 31 Agustus 2012

LaLaNG DaN GanDUM


Tuhan Yesus pernah mengatakan tentang satu perumpamaan yang menceritakan adanya si jahat dan anak kerajaan dalam satu perkumpulan, yaitu dalam perumpamaan tentang lalang dan gandum (Matius 13:24-30). Tetapi ada satu pertanyaan yang muncul, yaitu bagaimana seorang pekerja gereja mengetahui siapakah yang lalang dan siapakah yang gandum? Memang Tuhan Yesus tidak membahasnya, Ia hanya mengatakan bahwa keduanya itu pasti akan ada. Pertanyaan inilah yang akan penulis jawab dengan satu pendekatan apologetika.

Jika melihat dari pertanyaannya, maka sebenarnya penanya merupakan seorang  yang bukan kristen (meskipun ia mengaku kalau dirinya adalah Kristen). Hal ini nampak pada maksud yang sebenarnya ingin segera membedakan, dan kemudian melihat siapakah mereka itu? Keinginan untuk melihat secara langsung ini merupakan satu keinginan yang lahir dari pola pikir yang materialis. Sedangkan materialisme merupakan satu konsep berpikir yang berpusat pada diri sendiri. Dengan demikian mereka tidak lagi berpusatkan kepada Allah yang merupakan satu otoritas tertinggi di dalam kehidupan orang percaya. Sehingga tentu saja mereka bukanlah seorang kristen sejati.

Jika kembali lagi dengan apa yang dijelaskan di dalam perikop di atas atau juga dalam Markus 4, hal ini terwujud dengan adanya jawaban Tuhan Yesus kepada murid-murid, yang tidak memberitahukan bagaimana kita akan mengetahui ciri-ciri dari lalang dan gandum secara pasti, tetapi ia langsung mengatakan bahwa semuanya itu akan ketahuan pada saat penuaian, yaitu akhir zaman. Dimana Tuhan sendirilah yang akan memisahkan mereka dengan caraNYA sendiri.


Ada hal yang seolah-olah ingin dikatakan bahwa sebenarnya kita sebagai pelayanNYA tidaklah penting untuk mengurusi hal ini, sebab hal ini adalah urusan Tuhan, dan bukan urusan kita. 

1 komentar:

  1. yang mana kah kita???
    apakah lalang atau gandum???

    saya berharap kita semua yang telah percaya pada Tuhan Yesus adalah gandum...
    GBU...

    BalasHapus

masukan komentar anda di sini...